Wednesday, May 18, 2011

jelajah Pantai : sekilas Pantai Indrayanti dan Pantai Drini (Wonosari, DIY)


hunting pantai kali ini masih di seputaran daerah Yogyakarta.. tepatnya kabupaten Gunung Kidul, Wonosari.. di kabupaten ini banyak banget pantai-pantai indah yang mungkin belum banyak diketahui orang-orang di luar Yogya.. meskipun pantai-pantai di sini kalah saing sama pantai Parang Tritis tapi saya jamin panorama, laut n pasirnya lebih indah di banding Parang Tritis.. hehe..

Di wonosari ada banyak pantai, , sebut saja Pantai Baron, Kukup, Krakal, Sundak, Siung, Sepanjang, dan lain-lain.. pantai-pantai ini sebenarnya letaknya berdekatan (tetanggaan), sehingga ada kemiripan di tiap pantainya dan semuanya indah (bayangkan yang kita lihat adalah samudra indonesia) dan pasirnya putih-putih (beda banget sama ParangTritis atau Depok yang pasirnya abu-abu)



nah, berhubung 3 pantai pertama yang saya sebutkan ,menurut saya, sudah kehilangan jatidiri (baca: daya tarik) jadi saya akan bahas 2 pantai lain yang masih tetangga mereka yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

1. Pantai Indrayanti
awalnya tau pantai ini dari seorang kawan, tadinya gak niat mau k pantai ini, tapi berhubung pas masuk pos objek wisata (rencana awal pengen ke Sepanjang) setelah muter-muter dan gak nyampe-nyampe, akhirnya kita temukan pemandangan yang selama ini kita tunggu-tunggu. yak, ketika kita liat air laut, lngsung kita tereak kegirangan. ternyata kita temukan bukan pantai Sepanjang melainkan pantai Indrayanti, akhirnya berhenti lah dulu kita di sini, sambil makan siang n solat. (kalau dari arah timur, pantai Indrayanti terletak sebelum Pantai Sundak)

Berdasarkan data yang saya kumpulkan, halah, tenyata pantai ini adalah pantai pribadi. namanya di ambil dari pemilik pantai (indra dan yanti). katanya lagi ternyata pantai ini masih dipertanyakan kepemilikannya karena di bangun di atas tanah Kesultananan Ngayugyokarto Hadiningrat (Sultan Ground), peraturannya masyarakat hanya diberi hak untuk memanfaatkan tanah tapi tidak memilikinya (sumber : http://teamtouring.net/pro-kontra-pantai-indrayanti.html).


pantai indrayanti

Pantai ini tergolong rapi dan tertata, diantara pantai-pantai lain di area ini (yang pernah saya kunjungi) bersih pula.. banyak gazebo-gazebo dari kayu dan beratap saung untuk menikmati makan siang atau sekedar kelapa muda dari restoran pengelola, musola, toilet sampe Guest House juga ada.. sewa jetski juga ada. Sepertinya di Pantai ini pengelolanya cuma 1 jadi lebih teratur tata letaknya, gak kayak di pantai lain yang bikinnya 'keroyokan'.. terus di tiap sudut di sediain tong sampah yang isinya (sampah dong) selalu cepat dibuang kalo udah penuh, jadi gak ada alasan buat para pengunjung untuk buang sampah sembarangan.. patut di tiru nih


gazebo


jejeran gazebo pinggir pantai indrayanti


bicara tekstur pantainya.. kontur pantainya landai, pasirnya putih, dengan banyak coral di dasar lautnya (mirip pantai Kukup dan Drini), di sisi Barat (kanan) banyak batu-batu karang besar sedangkan sisi kiri ada karang di tengah laut (mirip pantai Krakal).. kalau ombak sedang tidak besar, bisa berenang di atas coral2 itu, hati-hati dengan bulu babi yang kadang muncul



batu karang gede


konco-konco eksis


batu coral di dasar pantai indrayanti


2. Pantai Drini

Abis dari Pantai Indrayanti, kita jalan lagi nelusurin pantai.. ketemu pantai Sundak, berhubung pantai nya dekat dan konturnya sama, kita gak singgah di pantai ini.. kita juga ngelewatin pantai Krakal (karena udah pernah ke sini, kita skip juga)
keluar area.. masuk pos wisata lagi, skrg kita nyari pantai Drini atau Sepanjang.. (ke arah Barat), masuk pos objek wisata (tiap masuk pos biasanya 5000), gilee.. jalan masuk ke pantai Drini, syerem oi.. masuk utan banget, dan cuma bisa muat selebar 1 mobil (dipastikan jalur ini One Way) mana jauh pula.. sempet takut salah jalan.. ( o y, jangan takut tersesat, biasanya sudah ada petunjuk jalan, walaupun kecil, yg menuju ke pantai)

setelah ketemu pantai Drini, pantai di sini tergolong sepi.. gak banyak wisatawan yang berkunjung kesini.. tetap ada fasilitas WC umum dan warung kecil-kecil untuk mengganjal perut..

pas pertama liat, pemandangan pertama yang terlihat adalah karang segede kapal feri terbentang di hadapan.. karang ini punya tangga naik ke atas. jadi kita bisa liat pemandangan sekitar pantai Drini dari ketinggian (entah berapa puluh meter)..
kontur pantainya lebih mirip seperti Pantai Kukup, coral dasar lautnya luas, dan di sisi kanan pantai ada lautan pasir putih..





pantai drini tampak atas
(diambil dari tangga naik)


sisi kanan (lautan pasir)



pantai tetangga dari atas karang drini
(terlihat pantai krakal)



karang di pantai Drini (bisa naik pake tangga)



masuk pantai Drini


Keywords : pantai Drini, Indrayanti, Wonosari, Yogyakarta



2 comments:

riva tamam said...

pengen banget deh mampir ke pantai indrayanti...tp klo ngeteng gmn yach...??
coz ga bawa kendaraan... ane dari jakarta. mau ke surabaya..pulang'y mau mampir ke jogja...

alamkuindahsekali said...

kl ngeteng, cara satu2nya ya nge-bis. dari terminal giwangan cari bis jurusan WONOSARI., informasi ke pantai, jam berangkat dan pulangnya sy kurang tau, tapi setahu saya bis dari wonosari ke jogja gak nyampe malem. googling is the best way to discover :D